bingung mau nanam apa ?

Posted on Updated on

di bulan ini banyak petani di tempat kami tinggal sedang musim panen padi, padi yang kami tanam banyak jenisnya ada super makmur, singapur, ciliwung dll, untuk jenis super makmur dan singapur ternyata tidak tahan wereng, malah musim tanam kemarin banyak yang kena wereng untuk tanaman yang ditanam paling akhir, kalau musim tanam tahun ini malah yang ditanam di awal banyak yang kena wereng, tapi alhamdulillah masih ada sisa yang tidak kena hama walaupun ada yang sampai separo lahan yang bisa diselamatkan.

untuk tanaman padi saya sudah saya panen sekitar 3 minggu lalu, dan alhamdulillah masih aman kena hama wereng tapi cuma sedikit, cuma dipinggir petak saja di sebelah barat. sekarang ini saya bingung mau nanam tanaman apa. rencana mau saya tanami jagung manis dulu kemudian sekitar bulan april saya susul dengan tanaman favorit rakyat temanggung yaitu tembakau, tapi apakah harga tembakau besok masih menjanjikan itu yang masih membuat pikiran saya bingung kira-kira mau ditanami tembakau apa tidak. klo saya tanami cabai perlu modal yang agak banyak dan perawatan yang ribet, tidak seperti tanaman tembakau yang agak mudah tapi panen dan harga yang tergantung pada panas matahari, ya kami berdoa semoga  Alloh Taala beridloi niat kami untuk mencari rejeki di bidang pertanian ini, sekian wassalamualaikum.

Tinggalkan Balasan

