Menanam Tembakau Piala Dunia dan Kampaye Capres

Posted on Updated on

Judul di atas kelihatan aneh apa ada hubungan antara ketiganya ? ya memang ada ketiganya hampir terjadi bersamaan di tempat kami Temanggung, para petani saat ini sedang menanam tembakau dan memeliharanya kira-kira sudah berumur satu sampai satu setengah bulan ada yang sudah ndangir ( mencangkul tanah di sekitar tanaman tembakau ) ada yang baru nyuntik atau nitih ( di siram air+pupuk kimia sedikit ) dan bersamaan itu di televisi kita disuguhi debat kampanye Capres setiap minggu dan tontonan sepakbola salah satu olahraga yang paling banyak dilihat umat manusia di dunia.

Di Indonesia memang sepakbola adalah olahraga yang paling populer disamping bulutangkis, voley dan lainnya, olahraga ini banyak dilakukan dikampung sampai kota hampir tiak kelurahan punya lapangan sepakbola bahkan bengkok jatah kepala desa banyak yang dijadikan lapangan sepak bola karena memenuhi janji pemilihnya ketika mencalonkan diri jadi kades walaupun banyak sekali lapangan sepakbola tersebut mangkrak dan tidak terpakai entah karena sudah bosan, sibuk dengan aktifitas masing-masing. dan setiap panen tembakau lapanga sepakbola tersebut sering disewakan ke pengrajang tembakau untuk menjemur hasil panen mereka jadi kepala desa juga dapat pemasukan walaupun jatahnya dipakai atau digunakan sebagai lapangan sepak bola.

banyaknya lapangan sepakbola juga tidak berdampak pada kualitas sepakbola kita di kancah asean, asia apalagi dunia entah kenapa mungkin karena bosan atau tidak menggarapnya dengan sungguh-sungguh, kita hanya menikmatinya sebagai tontonan, dan saat ini sangat ramai sekali tiap malam karena acara sepakbola biasanya mulai pada jam dini hari, ini sedikit menghibur sebagai pengalihan dari  pada tiap hari kita disuguhi berita kampanye capres yang kadang tidak etis, sebagai negara berbudaya. mereka para pendukung kadang saling serang dengan berita yang tidak berdasar, memberitakan isu untuk menurunkan atau menjatuhkan para capres tersebut.

marilah kita berharap  pada Alloh Taala agar kita selalu dilindungi dari fitnah dunia dan diberikan pemimpin yang adil dan dapat melaksanakan amanat rakyat dengan seadil-adilnya…..amin cukup sekian tulisan ini selamat berjuang dan berdoa.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s