MUSIM TEMBAKAU 2012 SUDAH MULAI

Posted on

Temanggung, Jum’at 29 juni 2012

Pertengahan bulan juni  ini para pengrajin tembakau ( istilah untuk pengrajang  tembakau yang tidak menanam tembakau sendiri ) di daerah Temanggung sudah ada yang mulai mengrajang, padahal kalau dilihat di sawah atau ladang di daerah Temanggung belum ada yang siap dipanen kecuali sedikit yang menanam lebih awal. Perkiraan saya para pengrajin tembakau tersebut memperoleh daun tembakau dari daerah di luar Temanggung, entah dari Garut, Boyolali atau daerah  di Jawa Timur. Geliat para pengajin tembakau tersebut mungkin melihat musim tembakau tahun lalu yang cukup baik dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.

Akan tetapi yang menjadi masalah adalah kualitas dari tembakau asli Temanggung yang terkenal baik jadi tergerus akibat dari impor daun tembakau yang berasal dari luar Temanggung tersebut, di sinilah perlu ketegasan dari Pemerintah Temanggung untuk bisa menjaga kualitas komoditas pertanian andalannya.

Akan tetapi hal itu tidak bisa dilakukan serampangan karena bagaimanapun impor daun tembakau dari luar daerah tersebut juga menjadi penyumbang pendapatan ekonomi daerah, meningkatkan lapangan kerja musiman, dan lain-lain. Hal ini bisa dicarikan pemecahannya dengan koordinasi antara petani, pengrajin tembakau,  pabrik rokok dan pemerintah yang secara bersama-sama menghitung jumlah produksi maksimal tembakau di Temanggung dengan kebutuhan dari pabrik rokok, dengan cara menghabiskan dahulu produksi tembakau asli Temanggung kalau memang tidak mencukupi  kebutuhan pabrik, impor daun tembakau dari luar daerah bisa dilakukan dan proses produksinya bisa dilakukan di Temanggung.Gambar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s